Minggu, 04 Januari 2009

PEMENANG ATAU PECUNDANG !! ( Saat 25 TH Eksistensi )

    Beberapa waktu yang lalu tepatnya dalam diklatsar PALHISMA yang ke-25 aku dimintain tolong panitia untuk ngisi materi keorganisasian, dalam materi itu aku menyampaikan tentang PEMENANG Vs PECUNDANG dalam organisasi. Di luar forum ada beberapa teman2 yang menanyakan tentang apa sih makna “pecundang”, khususnya di PALHISMA, entah kenapa mereka menanyakan hal itu….waktu itu aku tidak sempat menjawab secara tuntas.

    Menurutku tipikal PEMENANG dan PECUNDANG selalu ada di organisasi macam apapun dan dimanapun….istilah diatas lebih mengarah pada masalah MENTAL seseorang yang akhirnya berdampak pada perilaku orang tersebut.Pada intinya PECUNDANG adalah sebuah mental dan perilaku yang berdampak buruk pada organisasi sedangkan mental dan perilaku PEMENANG adalah sebaliknya. Ciri yang paling khas dari seorang ialah PECUNDANG selalu menjadi bagian dari “permasalahan atau konflik”, nah pertanyaan selanjutnya ialah permasalahan atau konflik yang bagaimana???. 

    Permasalahan atau konflik adalah sesuatu yang wajar dan “sehat” dalam sebuah organisasi karena itulah bagian dari proses pendewasaan sebuah organisasi dan para pelakunya, dalam setiap konflik yang ada orang bermental PECUNDANG seringkali mengambil tindakan2 yang “menguntungkan” diri sendiri atau kelompoknya, “mereka” tidak berusaha mencari atau menjadi bagian dari sebuah SOLUSI melainkan sibuk “berlarian” untuk “menyelamatkan” diri…”menjilat” kanan dan kiri adalah hal biasa bagi mereka tergantung “bola” sedang ada dimana….itulah yang seringkali dilakukan oleh orang yang bermental PECUNDANG dalam organisasi. Tetapi jangan salah….strategi itu memang sangat jitu untuk bisa membuat kita “panjang umur” dalam sebuah organisasi,pemerintahan, atau rezim tertentu, FAKTA DALAM SEJARAH DUNIA TELAH MEMBUKTIKAN. Bahkan seorang Soe Hok Gie pun telah meramalkan bahwa dirinya akan mati muda karena kebiasaannya untuk menjadi bagian dari SOLUSI bangsa yang pada waktu itu berarti harus menentang “rezim” yang sedang berkuasa. 

    Nah ANDA akan termasuk PEMENANG atau PECUNDANG????. PILIHAN ada di tangan anda….dan setiap PILIHAN punya KONSEKUENSI nya masing2….SELAMAT BERCERMIN….. 

Tidak ada komentar: